Bandung: Bolong-Bolong

Akhir-akhir ini, udah mood aku kacau balau sampe-sampe ada masalah sama temen deket aku, mood aku tambah dikacauin lagi sama keadaan jalan raya di Kota Bandung tercinta (KOTA BANDUNG ya, sodara-sodara. BANDUNG! Dan BANDUNG adalah salah satu KOTA BESAR di Indonesia!!)

Selama ini, karena aku nggak pernah lagi bawa mobil dan naik ojeg ke kampus, jadi aku selalu lewat rute sarijadi – gerlong – setiabudhi – ciumbuleuit. Kalo untuk masalah berangkat ke kampus, aku nggak nemuin ada kerusakan jalan yang parah banget sih. Tapi, berhubung hari ini aku ada presentasi di kelas Komunikasi Internasional jam 07:30, dan karena aku telat, terpaksa aku milih naik ojeg yang berarti rutenya adalah sarijadi – setrasari – cemara – ciumbuleuit. Yang bikin aku bener-bener kaget adalah pas masuk ke jalan setrasari, kenapa macet??? Boook!! Udah berangkat jam 7 pagi masa udah macet sih??? Ternyata oh ternyata, semua mobil berjalan lambat dikarenakan kerusakan jalan yang paraaaaahh bangeeett ditambah bekas hujan semalem sehingga jalannya becek parah, kayak kubangan!!! Si mang ojeg langganan aku sampe ngomong: “Neng, maaf ya kalo ngojegnya nggak enakeun, jalanannya rusak euy.”

Ajeng: “Iya, pak, gapapa, kok. Tapi kok parah banget gini sih pak rusaknya?”

Mang Ojeg: “Iya nih, neng. Emang sekarang jalanan di sini kayak gini rusaknya. Di sini mah masih mending, neng daripada di sukahaji. Beuh, itu mah parah pisan!”

Ajeng: “Parah gimana, pak? Kayak gini aja udah parah banget! Emang ada yang lebih parah?”

Mang Ojeg: “Ntar geura, neng. Liat sendiri ya pas lewat.”

Gila, gila, gila. Aku kan jadi wondering. Buset dah, sumpah ya, jalanan di setrasari tuh parah banget. kayanya setiap jarak 30cm tuh pasti ada lobang. Mending kalo lobangnya kecil, ini mah lobangnya gede-gede!!! Nah, yang menurut aku aja udah parah banget, masih dibilang MENDING lho sama si Mang Ojeg! Apakabar yang parahnya ya??? Sambil wondering kayak gitu, perjalanan aku sama Mang Ojeg bener-bener berasa main wahana di Dufan tau gak sih! Motornya ajrut-ajrutan! (Untung selama 2 hari ini aku udah punya waktu untuk latihan mood management. Kalo nggak, mood aku pasti udah berantakan banget hari ini).

Alhasil, aku dan si Mang Ojeg berhasil melewati ‘kubangan’ setrasari dengan selamat, bahagia, dan (puji Tuhan) tetap bersih dan nggak kotor karena kecripatan air-air yang dicipratkan oleh ban-ban mobil di sana. Dua ratus meter setelah setrasari, si Mang Ojeg, sambil memelankan laju motornya menunjuk sebuah jalan di sebelah kiri dan bilang: “Tuh! Tuh! Neng! Liat geura sukahaji rusaknya kaya gimana!”

Dan apa yang aku liat, teman-teman? Ini mah beneran kubangan!!!!! PARAH BANGET!!!! Emang beneran parah!!! Udah kaya bekas longsor tau! (lebai sih). Tapi beneran deh, untuk sebuah ukuran kota sebesar Bandung, ada kerusakan jalan separah di sukahaji itu udah keterlaluan banget, lah!

Ajeng: “Wah! Pak!!! Apaan itu???!!!” (saking shocknya jadi bego)

Mang Ojeg: “Itu jalan Sukahaji, neng. Ih neng, kalo pas hujan mah ga kliatan jalan siah, Neng! Saya mah ga berani naik motor ke sana juga.”

Ngeliat keadaan jalan Sukahaji tadi pagi yang becek-becek bekas hujan semalem aja aku udah serem. Aku nggak bisa ngebayangin deh kalo harus ke jalan Sukahaji pas hujan deres, terus banjir! Ah! Mending aku diem dipinggir jalan nunggu sampe jalanannya keliatan!

Nggak cuma rute berangkat saya yang seperti itu. Rute pulang aku ciumbuleuit – cipaganti – sukajadi – gegerkalong – sarijadi juga parah kok. Terutama di gegerkalong. Kalo angkotnya nggak berprikemanusiaan dan tetep tancap gas, dijamin orang-orang di dalem angkot pada berterbangan ke segala arah (anyway, ini udah berhasil dibuktikan oleh aku dan nanda yang waktu itu naik angkot ciroyom – sarijadi yang suka ngebut ngelewatin jalanan di gegerkalong. seriously, nanda flied couple centimeters from her seat!). Bikin pantat sakit setiap kali ngelewatin gegerkalong. Rasanya pengen cepet-cepet sampe rumah.

Pokoknya intinya sih aku kesel aja sama keadaan jalan di kota Bandung yang kaya gini. Gimana hey Pemerintah Kota Bandung? Ayo dooong!! Katanya bandung BERMARTABAT (Bersih Makmur Taat Bersahabat). Bersahabat belah mananya coba kalo jalanan kota bandung parah banget kaya gini?????

Nggak bohong deh, kalian ada yang tau SUMBEREJO nggak? Itu nama daerah di BOJONEGORO, Jawa Timur. Jarang ada yang denger kan?? Tapi sumpah ya, jalanan di sana lebih bagus daripada jalanan di Kota Bandung sekarang ini!! Please laaaahhh!! BENERIN JALANANNYA DOOONG!!! Tulang ekor saya bisa patah kalo setiap hari ajrut-ajrutan setiap kali perjalanan rumah-kampus-rumah!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s