Bisa Nulis Atau Nggak?

Saya baru aja iseng ngebuka tumblr temen deket saya, Bd. Saya baru ngeh kalo si Bd ini ternyata sempet update blognya (ntah kapan updatenya). Si Bd ini emang jarang banget update tumblr. Waktu itu dia bilang alasannya karena she’s not into writing. Yaaaa, kalo alasannya udah kaya gitu, saya bisa komen apa sih? Tapi deep down, saya tetep yakin kalo pada dasarnya semua orang bisa nulis.

Pas saya baca postingan si Bd di tumblrnya, saya suka lho sama tulisan dia. Ngalir… Nggak dibuat-buat. Mungkin bahasanya emang beda banget sama bahasa dia sehari-hari. Ya, mungkin alter ego dia yang nulis, saya nggak ngerti deh. Tapi, dengan gaya apapun dia nulis, satu hal yang saya tangkep, tulisan dia bagus.

Temen deket saya satu lagi, Nd. Dia juga dulu pernah bilang kalo dia nggak jago nulis (mungkin lebih tepatnya nggak suka nulis), that’s why dia dulu nggak punya blog. Setelah saya maksa dia bikin blog di multiply, ternyata blognya cuma diisi beberapa kali, setelah itu kosooong! Terus, saya suruh dia nyobain tumblr, dan setelah dia kenal tumblr, dia mulai rajin posting. Dan tulisan dia juga bagus. Ngalir gitu aja.

Ada juga satu lagi, Ag. Ag itu otaknya penuh sama ide-ide kreatif yang sayangnya lebih sering kesimpen gitu aja. Pas dia punya tumblr, dia lebih sering nge-reblog foto Casillas daripada ngepost tulisan dia sendiri. Kadang dia bilang, “Gue ga bisa nulis panjang-panjang, jeng. Tiap gue nulis tuh to the point banget!” Tapi belakangan, saya ngeliat tumblr dia berisi tulisan-tulisan dia. Dan, wah… Unpredictable! Saya nggak nyangka dia bisa nulis kaya gitu.

Belom lagi kalo saya buka blognya El. Wah, itu sih sehari update 10x lebih kali ya?? (berlebihan nih gue). Well, kalo dia emang hobinya nulis. Setiap kali saya mainan blog, selalu sama dia. Bahkan, belakangan lewat postingan dia yang banyak dan nyeritain tentang keseharian dia ataupun random thoughtnya, dia secara nggak langsung nyadarin saya kalo blog is not a place for you to impress people. Selama ini, aktifitas tumblr saya sepi karena saya pengennya orang-orang yang baca tumblr saya tuh at least berniat untuk meng-klik gambar hati di pojok kanan. Hahahaha (ngarep!).

Well, sebenernya yang mau saya omongin di sini adalah, kalo saya liat orang-orang di sekeliling saya. Kebanyakan dari mereka bukan kaya saya yang lebih seneng mengekspresikan sesuatu lewat tulisan, bukan juga kaya El yang emang bener-bener suka nulis. Ada yang bilang “not into writing”, ada yang bilang “nggak jago nulis”, ada juga yang bilang “nggak bisa nulis panjang-panjang”. Tapi apapun alasan mereka ternyata nggak bisa ngebuktiin kalo mereka nggak bisa nulis. Buktinya? Tuh, ada postingan mereka yang enak dibaca di tumblr mereka.

Menurut saya sih, nulis itu bukan bisa atau nggak bisa. Semua orang bisa nulis. Tapi, biasa atau nggak biasa? Dari hati atau nggak? Percaya atau nggak, kadang orang-orang yang nggak biasa nulis, tiba-tiba sekalinya mereka nulis, mereka tuh nulisnya dari hati. Dan nggak jarang hasilnya menyentuuuuh banget.

Jadi, kalo kamu ngerasa kamu bukan orang yang not into writing tapi pengen banget untuk mulai nulis, dan nggak sengaja nemu tulisan ini, just try. Nggak usah maksa harus bikin tulisan bagus. Tulis aja apa yang mau kamu tulis. Di mulai dari situ, kamu lama-lama bisa nemuin gaya nulis kamu, dan mungkin kamu ternyata lama-lama bisa nikmatin enaknya nulis. Who knows? Dan kalo kamu emang pengen banget jadi penulis dan pengen nulis bagus, well (sounds cliche sih, tapi inget) practice makes perfect. Cliche but true. 

Hahahaha, ngomong-ngomong, siapa sih gue??? Berasa penulis kondang aja gue nulis beginian???!!!!! Hahaha, gapapa lah ya… Gue cuma baru menyadari kalo tulisan temen-temen gue bagus-bagus!!! 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s